Rabu, 17 Juni 2015

Tulisan Bebas "BUMBATABUTI - BUKA MATA, BUKA TELINGA, BUKA HATI"

Puji serta syukur kehadirat ALLAH SWT karena atas berkat dan rahmat karunianya kita diberi kesehatan, panjang umur, rezeki yang tak terbatas sehingga kita bisa bertemu di Bulan Ramadhan yang penuh berkah.

Shalawat serta salam senantiasa kita curahkan kepada junjungan Nabi besar MUHAMMAD SAW karena telah menyelamatkan umatnya menuju puncak kejayaan ilmu pengetahuan.

Pernahkah kalian mendengar "BUMBATABUTI" ? Pastinya kalian tau dong, nah... yang belum tau arti dari BUMBATABUTI itu sendiri adalah "Buka Mata, Buka Telinga, Buka Hati"

Menjelang ramadhan ini aku terpikir tentang apa yang telah aku capai sebelumnya. Apa yang telah aku lakukan seakan hilang begitu saja dari pikiran. Aku selalu mengharapkan sebuah kesempurnaan ditengah ketidakadilan, seakan jiwa ini terlalu suci untuk sebuah kesempurnaan. Pernah aku berpikir, Tuhan selalu mengkabulkan apa yang aku inginkan tanpa melihat kedalam diri tentang apa yang telah aku perbuat, aku tak membuka mataku. Bahkan aku tidak mendengarkan untaian nasihat dari sekitar, seakan aku memang yang paling benar.

Ramadhan bulan ini aku merasakan ada yang berbeda dari sebelumnya, seakan aku ingin menuai kemenangan sendiri tanpa mendengar orang di belakang ku "Untuk apa aku hidup, tapi berjalan sendiri meninggalkan yang lain di belakang?" "Sangat tulikah diriku?" ya.. Kemarin aku tak membuka telinga ku.

Ramadhan bahkan terlalu suci untuk aku jejaki, terlalu indah untuk terlewati, namun hati ini seakan menjadi batu, merasa sudah pantas masuk ke bulan nan suci ini. Apakah aku sudah membuka hatiku? Karena jika hati terbuka, Mata dan telinga pun menerima apapun untuk menjadi lebih positif. Sekali lagi aku berpikir apakah ramadhan ini layak aku lewati? Tapi aku tahu ramadhan layak bagi semua yg membuka mata hati dan telinga. Pada dasarnya semua ingin berubah menjadi lebih baik, dan mampu menjadi pribadi yang lebih mengerti akan keadaan, paham atas sebuah pemikiran, kuat akan iman dan bertanggungjawab atas perlakuan.

Ramadhan ini terindah untuk kita semua, semoga mata hati dan telinga kita mampu terbuka. Melihat semua yang tersembunyi, mendengar yang tersamarkan, dan menerimanya dengan lapang dada.

Selamat menjalankan Ibadah Puasa bagi yang menjalankannya. Mohon maaf lahir dan bathin :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar