Rabu, 22 April 2015

Identitas Nasional dan Contoh

IDENTITAS NASIONAL

Definisi Identitas Nasional

Identitas dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan (civic education) adalah ungkapan nilai-nilai budaya suatu bangsa yang bersifat khas dan membedakannya dengan bangsa lain.

Identitas nasional berasal dari kata ”national identity” yang dapat di artikan sebagai ”kepribadian internasional” atau ”jatidiri nasional”. Identitas Nasional adalah jatidiri yang dimiliki oleh suatu bangsa. Identitas bangsa indonesia akan berbeda dengan identitas bangsa Australia, bangsa Amerika dan bangsa lainnya. Identitas nasional itu terbentuk karena bangsa indonesia mempunyai pengalaman bersama, sejarah yang yang sama, dan penderitaan yang sama dan juga terbentuk melalui adanyta saling kerjasama antara kelompok yang satu denga kelompok yang lain. Meskipun memiliki banyak perbedaan, namun keinginan kuat diantara mereka untuk saling merekatkan kelompoknya dengan kelompok lain dapat juga membentuk identitas.
Istilah “Identitas Nasional” secara terminologis adalah suatu ciri yang di miliki oleh suatu bangsa yang secara filosofis membedakan antara bangsa yang satu dengan bangsa yang lain. Berdasarkan pengertian identitas sendiri-sendirisesuai dengan keunikan, sifat, cirri-ciri serta karakter dari bangsa tersebut. Jadi Identitas Nasional adalah sebuah kesatuan yang terikat dengan wilayah dan selalu memiliki wilayah (tanah tumpah darah mereka sendiri), kesamaan sejarah, sistem hukum/perundang-undangan, hak dan kewajiban serta pembagian kerja berdasarkan profesi.

Secara umum ada beberapa unsur yang terkandun dalam identitas nasional, yaitu: 
·                     Pola perilaku : Adat istiadat, budaya ataupun kebiasaan ditengah masyarakat yang merupakan salah satu bukti bahwa Indonesia memiliki kearifan lokal yang sangat luhur serta mulia sifatnya.
·                     Lambang-lambang : Kita mempunyai fungsi aksentuasi terhadap tujuan negara yang diimplementasikan oleh bendera, lagu kebangsaan, dann bahasa yang tentu saja dilindungi Undang-undang.
·                     Alat-alat perlengkapanniI : Ini berfungsi sebagai faktor produksi atau alat perubahan baik dimensi ekonomi maupun budaya sekaligus berkaitan tentang sosial bermisal: Rumah Ibadah, alat transportasi, ciri khas kebangsaan dll.
·                     Tujuan yang ingin dicapai : Ini berfungsi dari tujuan yang bersifat dinamis dan kontekstua diantaranya seperti budaya unggul karena sebagai yang mendiami sebuah bangsa  dijamin kesejahteraannya oleh UUD.

Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, bangsa, agama dan pulau-pulau yang dipisahkan oleh lautan. Oleh karena itu, nilai-nilai yang dianut masyarakatnyapun berbeda-beda. Nilai-nilai tersebut kemudian disatupadukan dan diselaraskan dalam Pancasila. Nilai-nilai ini penting karena merekalah yang mempengaruhi identitas bangsa. Oleh karena itu nasionalisme dan integrasi nasional sangat penting untuk ditekankan pada diri setiap warga Indonesia agar bangsa Indonesia tidak kehilangan Identitas.
Berikut contoh Identitas Nasional Bangsa Indonesia
·                     Bahasa Nasional atau bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia
·                     Bendera Negara yaitu Bendera sang merah putih
·                     Lagu kebangsaan yaitu Indonesia Raya
·                     Lambang Negara yaitu Pancasila
·                     Semboyan Negara yaitu Bhieneka Tunggal Ika
·                     Dasar Falsafah negara yaitu Pancasila
·                     Konstitusi (Dasar Hukum) negara yaitu UUD 1945
·                     Bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat
·                     Konsepsi wawasan nusantara
·                     Kebudayaan daerah yang diterima sebaga kebudayaan nasional.


Sumber :
http://m.kompasiana.com/post/read/632509/3/apa-itu-identitas-nasional-.html
https://youvitavhey.wordpress.com/2013/04/17/pengertian-identitas-nasional/
http://hastyandini.blogspot.com/2013/05/pengertian-identitas-nasional-dan.html?m=1


1 komentar:

  1. kepribadian negri ini jadi sudah sangat mengkhawatirkan, terutama untuk generasi muda saat ini
    terimakasih untuk Makalah Identitas Nasional silahkan download makalah terbaru di jurnalmakalah.com

    BalasHapus